PEMASARAN ONLINE

26-01-2014

MATERI PEMASARAN ONLINE


Menurut Amor (2002, p176) untuk strategi pemasaran dengan internet harus mengikuti aturan-aturan sebagai berikut  :


  • Brands (Merek)                                                 Web adalah merek terpenting perusahaan 
  • Change (Perubahan)                                Waspada bahwa aturan dalam web selalu berubah. 
  • Conciseness (Keringkasan)                  Pertahankan halaman yang singkat dan sebarkan informasi 
  • Content (Isi)                                                               Isi adalah raja, jangan buat bosan pelanggan. Content is king; don't bore your customers. 
  • Dynamic sites (Situs Dinamis)                    Ciptakan situs yang dinamis yang menggunakan teknologi baru untuk mengadaptasi informasi berbasis profil pengguna 
  • Finances (keuangan)                                        Coba pasar baru dengan skema pengiklanan dengan harga murah 
  • Free giveaways (Barang gratis)                Ciptakan penawaran barang gratis untuk pelanggan setia 
  • Global village (Desa global)                      Berpikir secara global tetapi mengikuti keinginan lokal 
  • Live events (Pertunjukan langsung) Pertunjukan langsung menambah wawasan pelanggan 
  • Niche markets (Pasar khusus)                           Internet mencakup pasar khusus dan pasar umum 
  • Promotion (Promosi)                             Promosikan situs dimana saja 
  • Syndication (Sindikasi)                               Buatlah merek tambahan untuk servis dan produk 
  • Technologi (Teknologi)                               Gunakan teknologi internet untuk memaksimalkan sasaran pemasaran



 













 

 


pemasaran Internet atau e-pemasaran (bahasa Inggris: Internet marketing atau e-marketing atau online-marketing) adalah segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media Internet atau jaringan www.

 Kata e dalam e-pemasaran ini berarti elektronik (electronic) yang artinya kegiatan pemasaran yang dimaksud dilaksanakan secara elektronik lewat Internet atau jaringan syber.

 Dengan munculnya teknologi Internet dalam beberapa tahun ini, banyak istilah baru yang menggunakan awalan e-xxx, seperti halnya :

1.    e-surat
2. e-business
3.  e-gov
4.  e-society


Kegiatan pemasaran Internet umumnya meliputi :

5. hal-hal yang berhubungan dengan pembuatan produk periklanan,

6. pencarian prospek atau pembeli dan penulisan kalimat-kalimat pemasaran atau copywriting.

Pemasaran internet atau e-pemasaran ini secara umum meliputi  :

1.      kegiatan pembuatan desain web (web design)

2.    periklanan dengan menggunakan baner

3.    promosi perusahaan lewat mesin pencari informasi (mesin pencari)

4.    surat elektronik atau e-surat (e-mail)

5.    periklanan lewat e-surat (email advertising)

6.    pemasaran afiliasi (affiliate marketing)

7.     advertensi interaktif (interactive advertising)

Kegiatan pemasaran internet yang efektif meliputi banyak strategi dari SEO (optimasi mesin pencari), social media dan PPC (iklan berbayar per-klik)..